Sosialisasi Pembiayaan Tapera bagi ASN di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lumajang

Jum`at, 06 September 2024  |  09:04:46
Penulis :
Bidang Pengadaan, Pemberhentian, dan Informasi
Dilihat :
179 Kali

Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) merupakan program pemerintah yang bertujuan untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah dalam memperoleh rumah yang layak huni. Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, telah melaksanakan kegiatan Sosialisasi Pembiayaan Tapera di Aula Kantor Badan Kepegawaian Daerah pada tanggal 6 September 2024, bekerja sama antara Pemerintah Kabupaten Lumajang, BP TAPERA dan Bank BTN Cabang Malang, harapannya dengan adanya kegiatan ini dapat meningkatkan kesejahteraan ASN melalui akses pembiayaan perumahan yang lebih mudah dan terjangkau.

Hadir dalam kesempatan tersebut Pejabat dari BP Tapera, Bpk. Imam Syafi’i Toha selaku SEVP/Direkur Pembiayaan Perumahan, Perwakilan Bank BTN Syariah Ibu Putri alfarista selaku Sharia Subsidized Mortgage Department Head serta Bpk Adi Susbiyanto selaku Branch Manager KCS Malang

Pada kesempatan ini, agenda pembahasan Pemanfaatan Tapera diantaranya yaitu :

  • Pemanfaatan Dana Tapera (Tabungan Perumahan Rakyat)
  • Program Pembiayaan Tapera (Persyaratan Pembiayaan Tapera, Keunggulan Pembiayaan Tapera serta Langkah mudah pengajuan pembiayaan Tapera)
  • Penyaluran Pembiayaan Tapera (Bank Penyalur, Realisasi Penyaluran Tabungan Tapera, Demand Pembiayaan Tapera Tahun 2024)

Peserta yang dihadirkan sejumlah 250 orang ASN Kabupaten Lumajang sangat antusias dengan adanya kegiatan ini, karena mereka bisa melakukan tanya jawab dan diskusi terkait Program BP Tapera yang selama ini sangat minim informasi

Pelaksanaan kegiatan pembiayaan Tapera di Kabupaten Lumajang telah memberikan manfaat signifikan bagi ASN Pemkab Lumajang untuk memperoleh rumah layak huni. Meskipun terdapat beberapa kendala, program ini tetap menjadi salah satu instrumen penting dalam meningkatkan kesejahteraan ASN dan mengatasi masalah perumahan di Kabupaten Lumajang. Dengan perbaikan yang terus dilakukan, diharapkan program Tapera dapat berjalan lebih optimal di masa mendatang.