SIJI KOMANDO...Cara Simpel Meningkatkan Kompetensi ASN

Sabtu, 01 Oktober 2022  |  14:03:49
Penulis :
Sekretariat
Dilihat :
699 Kali

Sistem Uji Kompetensi Mandiri Online, disingkat “SIJI KOMANDO” adalah sebuah sistem aplikasi yang dibangun oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Lumajang guna merespons kebutuhan akan pentingnya peningkatan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lumajang.


SIJI KOMANDO digagas untuk merespons permasalahan yang ada, yaitu kurangnya pengembangan kompetensi ASN di Pemerintah Kabupaten Lumajang, yang dilatarbelakangi terbatasnya anggaran pengembangan kompetensi dan keengganan pribadi dari masing-masing ASN untuk meningkatkan kompetensinya. Untuk itu perlu dibangun suatu sistem yang sederhana, dapat digunakan untuk banyak orang dan dapat diakses di mana saja dan kapan saja, baik melalui komputer maupun ponsel pribadi (online).


Sistem ini dirancang agar dapat diakses secara daring (online) di mana saja dan kapan saja karena berbasis web dan terintegrasi datanya dengan “SIMAK” (Sistem Informasi Manajemen Administrasi Kepegawaian) serta berisi empat komponen, yaitu pilihan kompetensi/pengetahuan teknis yang akan diuji; kisi-kisi/modul pembelajaran; soal-soal; dan fasilitas penerbitan sertifikat otomatis secara elektronik. 


Setiap ASN yang akan meningkatkan kompetensinya dapat secara mandiri mengakses apikasi dengan menggunakan komputer, ponsel pribadi maupun anjungan SIJI KOMANDO di BKD Kabupaten Lumajang, selanjutnya mengunduh dan mempelajari kisi-kisi/modul pembelajaran, dan kemudian menjawab soal-soal. Jika peserta memperoleh nilai sama dengan atau di atas batas kelulusan, maka akan diterbitkan sertifikat secara otomatis yang dapat diunduh dengan mudah.