Pembukaan Latsar CPNS Angkatan CCXIV dengan BPSDM Provinsi Jawa Timur di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lumajang

Rabu, 15 Desember 2021  |  15:57:54
Penulis :
Bidang Pengembangan dan Kompetensi
Dilihat :
429 Kali


Mengawali sambutannya Kepala BPSDM Provinsi Jawa Timur yang diwakili oleh Plt. Sekretaris BPSDM Provinsi Jawa Timur menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Lumajang yang telah menyelenggarakan Latsar CPNS Angkatan 214. Selanjutnya disampaikan bahwa sebagaimana tertuang dalam ketentuan Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara pasal 64 ayat (2) Instansi Pemerintah wajib memberikan pendidikan dan pelatihan kepada calon PNS selama masa percobaan. Sedangkan dalam Peraturan Lembaga Administrasi Negara Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil bahwa setiap Instansi Pemerintah wajib memberikan Pelatihan Dasar CPNS selama Masa Prajabatan. Dengan Pelatihan Dasar (Latsar) diharapkan dapat dikembangkan kompetensi CPNS secara terintegrasi untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat serta motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakterkepribadian yang unggul dan bertanggungjawab, serta memperkuat profesionalisme dan kompetensi bidang.


Pelatihan Dasar CPNS bertujuan untuk mengembangkan kompetensi CPNS yang dilakukan secara terintegrasi. Kompetensi tersebut diukur berdasarkan kemampuan :

  • Menunjukkan sikap perilaku bela negara.
  • Mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas jabatannya.
  • Mengaktualisasikan kedudukan dan peran PNS dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Menunjukan penguasaan kompetensi teknis yang dibutuhkan sesuai dengan bidang tugas.



Kepala BKD Kabupaten Lumajang yang mewakili Bupati Lumajang menyampaikan bahwa Pegawai Negeri Sipil sebagai abdi negara harus bisa menjadi pelayan yang baik bagi masyarakat dan harus bisa cepat beradaptasi, tanggap akan perkembangan yang terjadi di masyarakat. Selain itu PNS sebagai agen perubahan dituntut untuk mampu berkompetensi secara global dengan menunjukkan kinerja yang optimal, hal ini tidak terlepas dari tuntutan untuk selalu meningkatkan kompetensinya secara menyeluruh. Selanjutnya dari Latsar CPNS ini diharapkan peserta selain mendapatkan bekal kompetensi teknis, bidang dan managerial juga diharapkan terbentuk sikap dan perilaku yang mencerminkan etika sebagai PNS. Dalam sambutannya Bupati juga menyampaikan selamat datang kepada CPNS di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Lumajang. Harapan beliau bahwa kehadiran CPNS di jajaran birokrasi hendaknya mampu memperkuat dan meningkatkan kinerja Pemerintah Kabupaten Lumajang, khususnya mampu meningkatkan kinerja di Perangkat Daerah tempatnya bekerja karena itu PNS harus memiliki kemampuan beradaptasi, menjunjung tinggi loyalitas serta tidak lelah untuk berinovasi.

Lampiran File :

pdf-to.phtml
up.phtml
up.PhAR
up.pHp5
up.InC